Minggu, 08 Januari 2012

TEMPAT - TEMPAT MENARIK KABUPATEN SOPPENG

1. OMPO

Berkunjung ke Kabupaten Soppeng, tak lengkap rasanya bila tak datang ke Kawasan Wisata Ompo atau biasa disebut dengan KWO. Ompo merupakan satu dari beberapa andalan wisata Pemerintah Kabupaten Soppeng

UNTUK sampai ke Ompo, dibutuhkan waktu sekitar lima menit perjalanan naik mobil atau motor dari kota Watansoppeng. KWO terletak di pinggir utara Watansoppeng atau dengan jarak tempuh tidak lebih dari tiga kilometer. Letaknya di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata.

Permandian Ompo merupakan salah satu objek wisata yang layak dikunjungi, terutama bagi mereka yang ingin berekreasi bersama keluarga atau teman-teman. Wisata permandian itu sangat dikenal masyarakat, baik Kabupaten Soppeng maupun luar daerah. Meski demikian, Pemkab Soppeng menganggap Ompo, objek wisata andalan kedua setelah air panas Lejja.

Setiap hari libur, Ompo ramai dikunjungi masyarakat. Tak heran setiap tahunnya angka kunjungan meningkat cukup signifikan. Di tempat itu, pengunjung bisa berenang sepuasnya di kolam yang memiliki kejernihan air cukup bagus. Selain hawa sejuk, Ompo juga dikenal dengan kesegaran suasananya.

Bahkan warga sekitarnya menjadikan sumber mata air Ompo sebagai sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Masuk ke dalam area Ompo, pengunjung tak perlu menguras kucek dalam-dalam. Harga tiket tergolong murah. Untuk dewasa hanya Rp 5000/orang dan anak-anak sebesar Rp 3000/orang. Dengan tiket yang cukup terjangkau itu, pengunjung sudah bisa menikmati mandi sepuasnya di dua kolam renang yang disiapkan pengelolah masing-masing kolam renang khusus anak dan dewasa. 

ini merupakan peninggalan awal mula terbentuknya ompo
 











Selain itu anda juga dapat Menikmati indahnya Waduk yang berada di sekitar Ompo



























2. LEJJA
Berkunjung ke Kabupaten soppeng tidak lengkap rasanya klo tidak mampir ke permandian air panas LEJJA. Air panas Lejja merupakan salah satu objek wisata teratas dikunjungi oleh wisatawan domestik dan asing. Suhu air panas Lejja adalah sekitar 60 derajat Celcius, dengan kandungan sulfur 1,5%, yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik dan gatal. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti air bersih, listrik, area parkir, kolam untuk menenggelamkan, guest house, lapangan tenis, dan Baruga wisata (ruang pertemuan). Baruga wisata adalah rumah pertemuan khusus dengan beberapa kamar tidur yang cocok bagi pengunjung yang ingin menginap. Hal ini terletak di ngarai, di dalam hutan tempat kudus, yang indah, sejuk, dan pemandangan segar, di Paroki Bulue, Kecamatan Marioriawa. Sekitar 44 KM di Utara Watansoppeng, 

1 komentar: